jalan

Senin, 28 November 2011

5 Tempat Ikon Bandung

5 Tempat Ikon Bandung

Kalau Ke Bandung pasti tahu tempat-tempat ini





Rasanya belum lengkap ke Bandung, kalau belum ke lima tempat ini. Yuk, kita intip 5 ikon Bandung.

Bandung, kota sejuta warna. Banyak tempat yang harus dikunjungi di Bandung, dari daerah tujuan wisata, pusat perbelanjaan sampai tempat makan dan membeli souvenir. Lima ikon kota Bandung ini akan diulas lengkap oleh tim Sendok Garpu.

1.      Gedung SateDibangun pada pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1920-1924, Gedung Sate adalah ikon terbesar di Bandung. Gedung ini disebut gedung sate karena di puncaknya terdapat 6 buah tusuk sate yang melambangkan biaya 6 gulden yang dibangun untuk membangun gedung ini. Gedung sate ini menghadap gunung tangkuban perahu di arah utara. Bangunannya yang kokoh membuatnya dapat berdiri sampai sekarang dan masih dijadikan sebagai pusat pemerintahan Jawa Barat. Bangunan yang sempat menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda ini dirancang sebagai perpaduan antara bangunan barat dan timur. Terdapat gaya atap pura bali, jendela ala bangsa Moor dari Andalusia, dan model bangunan pada masa Renaissance Italia.

2.      Jalan BragaKental dengan nilai historis, Jalan Braga merupakan jalan terkenal di Bandung. Jika Jakarta punya kawasan kota tua, Bandung juga mempunyai Jalan Braga. Banyak bangunan-bangunan yang masih berarsitektur Belanda di jalan ini, cocok untuk anda yang ingin berjalan-jalan dan mengambil foto. Pertokoan dan perkantoran model tempo dulu banyak berada di sini. Banyak pula dijual lukisan-lukisan menarik. Dahulu, pada tahun 1920-1940an, tempat ini adalah pusat mode terkenal seperti halnya Paris. Untuk itulah Bandung dinamai Paris van Java. Sayangnya, Jalan Braga sekarang tidak semeriah pada saat jaman dahulu.

3.      Gunung Tangkuban PerahuIngat Legenda Sangkuriang yang diceritakan waktu kita masih kecil dulu? Legenda ini erat kaitannya dengan gunung Tangkuban Perahu. Terletak 30 km di sebelah utara kota Bandung, kita dapat menjangkau gunung yang indah ini dalam waktu 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Di sepanjang perjalanan, anda dapat melihat kebun teh dan deretan pohon pinus sambil menikmati udara sejuk. Terdapat mata air panas yang bisa ditemukan di kaki gunung serta deretan kawah memanjang dari gunung berapi ini. Gunung ini dinamai Tangkuban Perahu karena bentuknya yang seperti perahu terbalik. Pada saat cuaca cerah, lekukan tanah pada dinding kawah gunung ini terlihat jelas, begitu pula dengan dasar kawahnya. Pemandangan yang betul-betul menakjubkan. 

4.      Kartika SariSalah satu yang wajib dibawa pulang saat bepergian ke luar kota adalah oleh-oleh. Kartika Sari adalah salah satu oleh-oleh terkenal di kota kembang ini. Produk andalan Kartika Sari adalah pisang bollen (keju), dengan varian pisang bollen coklat, peuyeum (tape) bollen, durian bollen dan kacang hijau bollen. Brownies panggang dan brownies kukus juga patut untuk dinikmati. Selain itu banyak oleh-oleh dan kue kering lainnya yang dapat dijajal di sini. Kartika Sari terdapat di Kebun Kawung, Dago, Kebon Jukut dan masih banyak cabang lainnya. Saat ini Kartika Sari juga menghadirkan Madame Sari Restoran (restoran makanan khas Indonesia) di Kartika Sari Buah Batu serta Jakeju Foodcourt (Pusat Jajanan Kuliner Bandung) di Kebon Jukut.

5.      Factory OutletBanyak orang yang datang ke kota Bandung dengan tujuan shopping. Ya, berbagai jenis toko ada di sini, termasuk Factory Outlet yang menjamur belakangan. Factory Outlet adalah tempat berbelanja murah meriah. Barang-barang yang dijual di Factory Outlet biasanya adalah barang sisa ekspor yang tidak dapat dijual keluar dengan berbagai macam alasan. Indonesia sebagai negara pemroduksi pakaian-pakaian bermerek luar negeri mendapat keuntungan dengan barang sisa ekspor ini. Barang yang dijual seharga Rp 600.000,- dapat dijual Rp 50.000,- di Factory Outlet. Tak heran banyak orang yang berduyun-duyun berbelanja di Factory Outlet. Factory Outlet banyak terdapat di Jl. Setiabudi, Jl. Riau, Dago dan Cihampelas.

Selamat berpetualang ke ikon-ikon ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar